7 Penyebab Gigi Kuning

Penyebab Gigi Kuning – Gigi kuning atau kecoklatan memang sangat mengganggu, kondisi seperti ini dapat menurunkan kepercayaan diri kita untuk berbicara. Selain itu gigi kuning juga membuat kita tidak terlalu nyaman saat senyum. Banyak orang mencari cara memutihkan gigi mulai dengan bantuan dokter spesialis gigi hingga dengan cara-cara alami yang bisa mereka coba. Memang cara paling mudah adalah dengan menjaga kebersihan gigi agar tidak kuning.

Penyebab Gigi Kuning

Penyebab Gigi Kuning

Penyebab gigi kuning biasanya karena merokok. Rokok memiliki kandungan nikotin yang apabila terkombinasi dengan oksigen bisa meninggalkan noda kuning atau bintik-bintik hitam pada gigi. Tidak heran jika para perokok rata-rata memiliki gigi kuning dibanding mereka yang tidak merokok, apalagi rokok sangat berbahaya untuk kesehatan.

Nah selain rokok, tips kesehatan gigi kali ini juga akan memberikan beberapa penyebab gigi kuning. Dengan mengetahui penyebab gigi kuning Anda bisa menghindarinya agar gigi Anda senantiasa sehat dan putih cerah.

Penyebab Gigi Kuning

1. Menumpuknya Bakteri

Adanya bakteri yang menumuk pada gigi akan menyebabkan terakumulasinya plak. Bakteri dan jamur pada gigi ini kemudian akan berkembang biak dang menghasilkan warna atau noda kuning atau oren pada gigi.

2. Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf pada gigi juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Jika Anda memiliki noda abu-abu atau coklat pada gigi, bisa jadi hal ini dikarenakan terdapat kerusakan saraf pada gigi Anda.

3. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, lapisan email atau lapisan terluar gigi akan semakin terkikis. Hal ini akan membuat gigi tampak berwarna kuning.

4. Peluruhan Gigi

Penyebab gigi kuning ini bisa disebabkan karena perawatan gigi yang salah. Peluruhan gigi dapat menyebabkan timbulnya noda berwarna kuning, putih, coklat dan bahkan hitam pada gigi.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab gigi kuning yang satu ini mungkin menjadii faktor yang paling sering terjadi. Gigi yang tidak dibersihkan secara rutin dan dengan baik akan menimbulkan terbentuknya residu yang membuat gigi menjadi kuning. Oleh karena itu perhatikan kebersihan gigi Anda dengan membersihkannya secara rutin dengan cara yang benar.

6. Restorasi Gigi yang Gagal

Beberapa proses restorasi gigi yang gagal seperti melakukan inlay, onlay, veneer atau pemasangan mahkota dapat menjadi penyebab gigi kuning.

7. Cedera Gigi

Penyebab gigi kuning terakhir adalah karena cedera gigi seperti retak atau patah pada gigi. Hal ini akan menyebabkan kerusakan saraf gigi atau enamel gigi yang menjadi penyebab gigi kuning.