Mengenal Beberapa Metode Sterilisasi Di Rumah Sakit

Sterilisasi merupakan suatu usaha dalam rangka menghilangkan berbagai macam bakteri pathogen dan apatogen hingga sampai ke sporanya yang melekat atau menempel pada peralatan kesehatan baik itu dilakukan dengan cara direbus, stoom (kukus), panas kering ataupun dengan menggunakan bahan – bahan kimia.

 

Suatu alat kesehatan dikatakan sudah steril apabila telah terbebas dari mikroba baik yang berbentuk vegetative maupun spora. Alat kesehatan yang steril merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh pihak klinik atau rumah sakit dalam penggunaannya untuk merawat pasien. Secara umum sterililisasi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Sterilisasi Dengan Filtrasi

    Cara sterilisasi ini adalah dengan mengalirkan gas atau cairan pada sebuah saringan yang memiliki pori kecil guna menahan mikroorganisme berukuran kecil. Sterilisasi dengan cara ini biasanya dilakukan untuk bahan yang tidak tahan dengan pemanasan seperti urea broth, vaksin, serum, enzim atau vitamin.
  2. Sterilisasi Dengan Pemanasan

    Untuk sterilisasi dengan pemanasan ada 2 jenis yaitu pemanasan kering dan pemanasan basah. Untuk sterilisasi kering biasanya menggunakan lampu spiritus/Bunsen. Sedangkan untuk pemanasan basah adalah menggunakan alat bernama autoclave. Diberbagai toko alat kesehatan sudah banyak yang menjual autoclave murah ini yang bentuknya seperti panci. Alat yang akan disterilkan nantinya dimasukan ke dalamnya kemudian dipanaskan dalam suhu tertentu.
  3. Sterilisasi Dengan Penyinaran atau Radiasi

    Cara sterilisasi ini biasanya dilakukan ketika kedua cara diatas tidak bisa dilakukan. Beberapa metode sterilisasi ini adalah dengan menggunakan sinar ultraviolet, sinar X, sinar katoda.
  4. Sterilisasi Dengan Cara Kimia atau Khemis

    Yang dimaksud cara sterilisasi kimiawi yaitu satu proses menghilangkan mikro organisme dengan menggunakan bahan – bahan kimia seperti desinfektan, antiseptic, biosidal, biostatic dan masih banyak yang lainnya. Intinya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan kimia tersebut untuk membunuh bakteri mikroorganisme yang menempel pada alat kesehatan.

Itulah beberapa metode sterilisasi yang biasa digunakan di klinik, rumah sakit atau laboratorium untuk mensterilkan alat-alat kesehatan yang digunakan. Karena hal ini sangat penting agar bakteri-bakteri berbahaya yang menempel tidak menyebar ke para pasien, bila ini terjadi tentu akibatnya sangat fatal, bukan kesembuhan yang didapatkan yang ada malah makin tambah parah penyakitnya.